Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tools SEO Website Gratis

muyfutbol.com - Analisis dan optimasi website mempunyai keterkaitan dengan SEO. Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu cara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic di situs website agar dapat muncul di posisi teratas hasil pencarian Google. Anda bisa menggunakan beberapa tools SEO website gratis untuk mencapai tujuan peringkat di mesin pencari Google.

 


Menjalankan strategi berupa optimasi merupakan bagian terpenting bagi Anda yang memiliki website, terlebih jika Anda harus mengelola website sendiri. Terdapat dua cara untuk mengoptimasi website yang Anda miliki, yaitu dengan cara on-page dan off-page SEO.

 

10 SEO Tools untuk Menganalisis Website

  1. SEMrush

SEO tool yang satu ini dirilis pada tahun 2008 ini bisa Anda bisa memanfaatkan tools SEMrush untuk mengoptimasi situs website Anda. Tool ini akan memberikan panduan yang berkaitan dengan ari dashboard. Tanpa memakan waktu yang lama, Anda bisa mengetahui apa yang kurang dari website Anda dan bagaimana cara mengoptimasinya.

 

Tampilan muka (interface) pada SEMrush bisa lebih mudah untuk Anda gunakan dan fitur analisisnya terbilang sangat lengkap. Fitur seperti audit website dan tracking keyword mempunyai fungsi sebagai penentu kata kunci yang cocok Anda gunakan untuk website, terutama blog.

 

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan website menggunakan SEMrush, Anda bisa mencoba  layanan percobaan SEMrush gratis selama tujuh hari.

 

  1. Google Search Console

Google Search Console merupakan sebuah software yang sangat mudah digunakan. Anda dapat mengetes, apakah konten situs website Anda sudah cukup relevan dengan keyword dari pencarian.

 

Anda juga bisa memanfaatkan Google Webmaster Tools untuk melakukan analisis sebuah konten dengan cara memasukkan URL. Setelah itu, Anda akan melihat hasil analisa, apakah konten tersebut sudah sesuai dengan standar SEO dari Google atau belum. Setiap minggunya, Anda bisa mendapat kuota penggunaan fitur fetch sampai 500 kali.

 

  1.  Check My Links

Untuk melihat website atau blog yang berkualitas bisa dilihat dari dari segi eksternal dan internal link yang terdapat di dalam sebuah artikel. Check My Links dapat membantu Anda untuk memastikan semua link atau tautan yang dilampirkan di dalam sebuah artikel masih aktif. 

Link yang masih aktif ditandai dengan warna hijau sedangkan link yang sudah tidak dapat dikunjungi akan ditandai dengan warna merah.

 

  1. SEO Report Card

SEO Report Card merupakan tool yang dibuat oleh UpCity fungsinya sebagai pembanding website. Jika Anda ingin menambahkan beberapa informasi, SEO Report Card akan menampilkan informasi - informasi penting yang berkaitan dengan:

  • Rank analysis
    Menunjukan peringkat situs website di Google, Yahoo, dan Bing. Peringkat tersebut ditentukan dari keyword yang diberikan ketika mulai mengatur Rank analysis.

  • Link building
    Menampilkan situs website apa saja yang memberikan backlink ke website Anda, seperti:

  • On site analysis
    Menganalisis keyword utama (focus keyword) dan seberapa besar persentase keyword tersebut di seluruh konten website.

  • Website accessibility
    Fitur ini berfungsi sebagai penunjuk kecepatan loading pada website dan kemudahan akses.

  • Trust metrics
    Untuk menganalisis tingkat kepercayaan pada sebuah website.

  • Current indexing
    Menganalisis banyak halaman pada website yang sudah dilakukan indeksasi dengan baik.

 

  1. HubSpot’s Website Grader

HubSpot merilis sebuah tool yang dapat menganalisis pemakaian SEO serta relevansi SEO terhadap keseluruhan website yang dinamakan Website Grader. Website Grader merupakan SEO tool yang mempunyai sistem laporan lebih personal. Laporan tersebut nantinya akan berdasar pada metrik kunci seperti di bawah ini:

  • Performance
    Menganalisis ukuran dari setiap halaman di situs, menguji kecepatan akses, keamanan, dan sebagainya.

  • Mobile readiness
    Memastikan website dapat diakses di perangkat apapun.

  • SEO
    Untuk menganalisa apakah suatu halaman atau keseluruhan halaman di website sudah memenuhi kriteria SEO (SEO friendly). Analisis ini dilakukan berdasarkan judul, subheading, analisa menyeluruh pada alt text untuk gambar dan juga deskripsi meta dari konten atau artikel.

  • Security
    Memastikan situs sudah mempunyai sistem keamanan yang direkomendasikan. Salah satunya adalah penggunaan sertifikat SSL yang dapat digunakan untuk mengenkripsi sambungan sehingga transfer data antar server dengan para pengunjung lebih terjamin.  

 

Jika setelah dilakukan pengecekan website Anda akan mendapat nilai di atas 67%, berarti website Anda sudah mencapai kualitas di atas standar menurut HubSpot.

 

5 SEO website gratis di atas dapat Anda gunakan sesuai dengan keinginan Anda. Atau jika tidak ingin menghabiskan waktu untuk mempelajari  tools tersebut, Anda dapat meminta bantuan kepada pihak jasa SEOMEDIA untuk mengoptimalkan situs website yang Anda miliki.


Posting Komentar untuk "Tools SEO Website Gratis"