Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips SEO untuk Blog Pemula

muyfutbol.com - SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah strategi pemasaran online yang bertujuan supaya website atau blog yang Anda miliki bisa mencapai posisi pertama pada mesin pencari Google dengan target keyword yang sudah disesuaikan dengan website atau blog tersebut. SEO untuk Blog menjadi hal terpenting yang harus diketahui bagi Anda yang baru memanfaatkan situs blog.

 


 Tips SEO untuk Blog 

  1. Memilih template SEO

Melakukan pemilihan terhadap template blog, pastikan Anda memilih template yang SEO friendly. Saat ini sudah cukup banyak template blog yang ramah SEO, dan tentunya bisa didapatkan secara gratis. Jenis blognya juga bermacam-macam tergantung jenis blog yang Anda miliki. 

 

Jika Anda mempunyai blog seperti berita, Anda bisa memilih blog yang templatenya seperti website berita. Atau template fashion, jika jenis blog berkaitan dengan fashion. Template yang ramah terhadap SEO biasanya sudah dimodifikasi dan juga sudah disesuaikan dengan hal yang disukai oleh mesin pencari.

 

  1. Kata kunci / Keywords

Judul dan keyword merupakan hal terpenting di dalam dunia website, agar Google dapat lebih mudah membaca judul yang Anda buat, perlu diperhatikan dari sisi keywordnya. Anda harus memikirkan keyword apa yang kemungkinan besar akan dicari oleh orang-orang, kemudian membuat  judul yang menarik supaya orang-orang tertarik untuk mengklik link website Anda.

 

  1. Pengaturan SEO tools

Anda dapat mencobanya memulai dengan mengatur SEO Tools, pengaturan SEO Tools menjadi hal yang cukup penting dilakukan dalam SEO. SEO Tools ini sebagai hal dasar yang terdiri dari Google Analytic, Google Keyword Planner, dan Google Webmaster Tools. Fungsi toolsnya:

  • Google Analytic berfungsi untuk melacak dan juga menganalisa pengunjung yang mengunjungi situs website Anda. 

  • Google Keyword Planner berfungsi sebagai penganalisis keyword.

  • Google Webmaster Tools dapat membuahkan hasil terbaik usaha SEO Anda.

 

  1. Kecepatan mengakses website

Tidak terlihat namun sangat mempengaruhi aktivitas website. Kecepatan dalam mengakses website akan sangat mempengaruhi posisi website pada mesin pencari. Karena para  pengunjung pastinya akan segera meninggalkan situs blog Anda, jika blog yang Anda miliki sangat lambat untuk diakses. 

 

  1. Hindari broken link

Hindari link atau tautan yang tidak bisa diakses pada blog. Broken link juga dapat mempengaruhi peringkat blog dan tentunya dapat menurunkan traffic pengunjung. Google Webmaster Tools merupakan salah satu tools yang dapat Anda gunakan untuk mencari link mana yang perlu diperbaiki dan juga pastinya untuk menghindari broken link. 

 

  1. Gunakan meta tag

Memaksimalkan blog dengan menggunakan meta tag, meta tag akan muncul ketika pengunjung sedang melakukan pencarian di mesin pencari. Gunakan meta deskripsi dengan karakter yang tidak lebih dari 160 dan juga harus mencakup keyword utama Anda. 

 

  1. Memiliki domain dan hosting sendiri

Jika Anda masih pemula dan serius dalam mengelola blog, ada baiknya Anda mulai mengelola website blog dengan menggunakan domain atau hosting sendiri. Walaupun berbayar, tetapi ini tentunya akan menjadi salah satu kunci sukses supaya blog dapat dibaca oleh banyak orang dan nantinya bisa mendapatkan traffic yang tinggi. 

 

Orang akan jauh lebih mempertimbangkan website Anda untuk membaca kembali ke situs blog Anda sendiri.

 

  1. Membuat konten menarik

Membuat konten yang berkualitas merupakan suatu usaha penting yang perlu Anda perhatikan karena diharuskan memiliki tujuan pemberian manfaat kepada para pengguna. Manfaat yang tepat nantinya akan mempengaruhi peluang pada blog.

 

Mungkin para pengunjung blog bisa membagikan informasi blog Anda ke temannya apabila konten yang Anda tulis terlihat menarik. Untuk membuat konten tersebut tentunya Anda harus menyesuaikan dengan SEO. Karena Google biasanya melakukan algoritma pembaruan, maka sangat diwajibkan untuk Anda membuat artikel yang relevan dengan SEO.

 

Hal ini diperlukan supaya, blog Anda dapat mudah terdeteksi dan tentunya bisa mempengaruhi traffic pada blog milik Anda.

 

  1. Sharing ke media sosial

Pastikan Anda membagikan blog ke media sosial yang Anda miliki. Hal ini tentunya menjadi bagian yang paling mempengaruhi aktivitas blog, terlebih jika link Anda di klik oleh para calon pengunjung.

SEO untuk Blog akan lebih maksimal hasilnya jika Anda menggunakan jasa SEOMEDIA yang dapat mengoptimalkan dan juga memastikan blog Anda bisa berada di posisi pencarian tertinggi mesin pencari..


Posting Komentar untuk "Tips SEO untuk Blog Pemula"