Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Sistem SEO Proxies

muyfutbol.com - SEO proxies sangat perlu dipahami dengan baik, karena dapat mempengaruhi situs website Anda juga. Apabila SEO pada website mempunyai kualitas yang bagus maka kemungkinan besar website yang Anda miliki tidak di blokir oleh pengguna website baik perusahaan maupun pribadi.


Tujuan Proxies

  1. Browsing secara anonymous

Di mana Anda ingin mengunjungi situs website tapi mungkin Anda tidak ingin menampilkan data secara detail seperti IP, browser yang dipakai, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan proxy dalam hal ini untuk melakukan pencegahan terhadap situs yang Anda akses melihat data tentang diri Anda. 


Situs web tersebut akan melihat proxy yang biasa Anda gunakan sebagai end-user, dan sudah pasti akan menyembunyikan IP asli Anda.


  1. Keamanan dalam browsing

Jika Anda takut apabila ada orang yang mengamati situs yang akan Anda kunjungi melalui router dan juga firewall, maka proxy dapat digunakan untuk menghentikan hal tersebut. Web proxy biasanya memberi kode URL yang Anda kunjungi sehingga router dan firewall tidak bisa melihat situs apa yang ingin Anda kunjungi.


  1. Akses lebih saat browsing

Salah satu kegunaan proxy yang lain adalah untuk membobol sistem firewall dan block.
Jika anda menggunakan ISP tertentu, atau misal Anda berada di lingkungan kantor, biasanya terdapat block yang menghalangi user dari mengunjungi situs website tertentu. 


Proxy dapat Anda gunakan untuk melihat situs website yang diblokir karena ketika Anda mengunjungi situs melalui proxy, URL asli dari situs web yang Anda kunjungi akan di rewrite, sehingga blok yang ada tidak dapat mengetahui situs yang Anda kunjungi dan juga tidak mempunyai blok tentang situs tersebut di sistem firewallnya.


Jenis Proxy Berdasarkan Akses

  1. Public Proxy

Public Proxy ini merupakan tipe proxy yang tersedia secara publik dan juga bisa Anda akses secara gratis. Jika Anda berminat untuk mencarinya, maka yang Anda akan temukan adalah puluhan situs source yang menyediakan ribuan sampai ratusan ribu public proxy tidak berbayar atau gratis di internet.

 

Karena proxy public ini gratis, sistem tersebut hanya bersifat sementara dan akhirnya tidak bisa digunakan lagi. Jika seperti itu, tentunya Anda harus menggunakan proxy lainnya yang aktif. Jumlah source tersebut juga sangat terbatas, kemungkinan Anda harus menunggu hari selanjutnya untuk mendapatkan list proxy baru. 

 

Jenis proxy yang satu ini tentunya tidak bisa diandalkan untuk keperluan SEO khususnya untuk membangun backlink. Public proxy sifatnya sangat lambat dan juga terlalu cepat mati untuk bisa sempurna dalam melakukan submit entry.

Public proxy hanya cocok untuk jenis aktivitas yang dapat Anda lakukan secara cepat. Seperti mengecek PageRank dari URL.

  1. Private Proxy. 

Private proxy merupakan proxy yang dapat Anda gunakan sendiri. Berbeda dengan proxy berjenis public yang dapat digunakan oleh banyak orang, private proxy server hanya bisa digunakan untuk pribadi. Proxy jenis ini biasanya mempunyai username, password dan dapat dialokasikan pada beberapa IP tertentu sehingga hanya dapat diakses atau digunakan oleh pihak tertentu.

Tidak seperti proxy public yang bisa didapatkan secara gratis, proxy jenis privat ini hanya bisa didapatkan dari jasa penyedia proxy. Penyedia proxy private biasanya mempunyai proxy server jenis privat yang akan disewakan dengan nominal tertentu setiap bulannya.

  1. Shared Private Proxy

Hampir sama dengan private proxy, perbedaannya hanya shared private proxy bisa dibagi untuk 3 - 4 user sekaligus. Cara kerjanya juga hampir sama seperti proxy jenis private, Anda melakukan pembelian proxy, lalu mendapatkan proxy dan Anda bisa menggunakan langsung port, beserta dengan username dan password.

Anda juga bisa melakukan authorize IP address sehingga Anda bisa menggunakan proxy tersebut tanpa menggunakan user dan password. Kelemahan dari proxy tersebut adalah resource yang lebih lambat apabila terdapat user lain yang menggunakan proxynya berlebihan. 

Selain itu beberapa penyedia proxy juga mengharuskan minimal pembelian yang cukup besar. Pembelian proxy untuk shared biasanya harus beli minimal 50 proxy atau lebih. 

Berkaitan dengan SEO, Anda sangat disarankan menggunakan jenis proxy yang kedua atau ketiga. Keduanya jauh lebih aman digunakan jika ingin melakukan teknik SEO. Anda tidak perlu merasa khawatir akses proxy sistem yang jadi lebih lambat atau mungkin rebutan seperti public proxy. 

SEO proxies harus Anda pahami dengan benar, supaya saat melakukan SEO Anda tidak perlu khawatir terhadap sistem tersebut. Atau Anda bisa juga menyerahkan optimasi website ke pihak jasa yang profesional seperti SEOMEDIA. 


Posting Komentar untuk "Memahami Sistem SEO Proxies "